Gereja Kristen Rejang (GKR)

     Gereja Kristen Rejang disingkat GKR merupakan salah satu gereja di Indonesia yang beraliran Lutheran. GKR didirikan di Arga Makmur, Bengkulu Utara|, pada tahun 2009 setelah dipisahkan dari Gereja induknya, GKSBS (Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan). Pada tanggal 30 Desember 2009 GKR dinyatakan sebagai suatu Gereja mandiri. Tanggal ini sampai sekarang diperingati sebagai hari independen atau hari jadi GKR.

Daftar isi

Sejarah

Kekristenan mulai diperkenalkan di tanah Rejang oleh sebuah lembaga Misi Kristen asal Belanda, yang diwakili dua misionaris yaitu; Christiano Baptist dan Alexander Gustaav. Mereka diutus oleh Misi Kristen asal Belanda sekitar tahun 1769 ke Sumatera. Pada tanggal 5 Maret 1802 mereka tiba di Bengkulu Utara (Ketahun) untuk memberitakan Injil kepada suku-suku asli.

Kantor yang sekaligus gereja pertama didirikan di Porto (Taba Renah), yang melayani hampir 400 jemaat gereja suku Rejang. Pada 1920, sekelompok massa dari daerah-daerah disekitar Taba Renah menyerbu Gereja yang berdiri di Taba Renah diikuti aksi penjarahan dan pembakaran sehingga gereja yang ada di Taba Reanh saat itu pindah ke sebuah bekas lahan kelapa sawit di sebuah desa di jalan raya Lais-Arga Makmur.

Saat ini (2012) GKR mempunyai 5 orang pendeta, yang melayani 4 gereja lokal, yang dibagi ke dalam 3 klasis, dengan sekitar 200 jemaat.

GKR mengelola beberapa lembaga sosial seperti SD terbuka di Ipuh, SMP terbuka di Ketahun, Universitas terbuka di Ketahu dan sekolah minggu di Arga Makmur

Klasis

GKR saat ini telah memiliki 3 klasis. Ketiga klasis tersebut masing-masing dilayani oleh seorang pendeta. Berikut 3 klasis GKR:

  • GKR klasis Curup
    Klasis ini adalah daerah gembala yang paling luas dari Gereja Kristen Rejang yakni mencakup Rejang Lebong (tidak termasuk daerah Lembak), Lebong Bagian Selatan dan sekitar Arga Makmur. Jemaat mencapai 90 jiwa. Pusat sementara berada dikantor pusat GKR di Arga Makmur dan akan dipindahkan 2014, paling lambat 2017 ke Porto (Taba Renah). Diharapkan dengan kembalinya GKR ke tanah Porto, semangat juang dalam menyebarkan cinta kasih Yesus Kristus menjadi lebih semarak.
  • GKR klasis Benteng-Kepahiang
    Klasis ini mencakup seluruh wilayah Bengkulu Tengah dan wilayah Kepahiang. Untuk saakantor GKR klasis Bengkulu Tengah di Taba Penanjung. Jumlah umat sekitar 50 jiwa.
  • GKR klasis Renah Seklawi
    Klasis Bengkulu Utara secara khusus melayani umat-umat Tuhan suku Rejang di pesisir Bengkulu Utara dan Lebong Bagian Utara. Jumlah umat 60 jiwa. Berpusat di Ipuh.

Pimpinan GKR

Kepimpinan GKR dijalankan oleh Sinode Pekerja pusat yang diketua oleh seorang pendeta. Berikut ketua Sinode GKR sejak berdirinya calon gereja mandiri GKR ditahun 1999 sampai berdirinya GKR mandiri ditahun 2009 :

  1. Pdt. Prof. Dr. Domingus Ansori (1999–2002) dari desa Batu Belarik,Kepahiang
  2. Pdt. Roni Agus Suhendro , STh (2002–2005) dari desa Tapus,Lebong
  3. Pdt. Dr. Kristian Maulana (2005–2007) dari Lais,Bengkulu Utara
  4. Pdt. Adriano Ilyasa, Mm (2007 – 2009 dari Desa Pagar Agung, Kepahiang
  5. Pdt. Dr. Cornelius Haris Munandar, STM (2009–2010) dari Desa Rimbo Pengadang,Lebong
  6. Pdt. Marcelano Darmawan, STh, (2010–2014) dari Desa Ujung Karang,Benteng

Kantor pusat

Kantor pusat GKR untuk sementara terletak di Jl. Raya Lais-Arga Makmur, Kelurahan Telaga Makmur, Kecamatan Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara. Direncanakan, GKR akan membuat kantor pusat baru di distrito Porto (Taba Renah), Curup. Kantor pusat GKR saat ini juga dipakai sebagai pusat pelatihan pendeta GKR dan kantor jemaat klasis Curup.

Afiliasi

GKR adalah gereja mandiri yang baru berdiri. GKR merupakan anggota dari Sinode Gereja-Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (Sumatera Selatan, bengkulu, Bangka-BelitungLampung,Jambi) yang melingkupi gereja-gereja Protestan di Sumatera Bagian Selatan. Saat ini, GKR merintis hubungan bilateral dengan beberapa gereja lain seperti Inglesia Methodis,Filipina dan Bala Keselamatan Hongkong-Macao.

About these ads

Tag:

About fikrisapulettehattus

My Name Is M.Fikri Ansori Sapulette Hattu My Father Is Ansori Sapulette My Mother Is Maryana Hattu I'am Moslem (99,99 % Sunni, 0,1 % Satanic) Nice To Meet You :)

4 responses to “Gereja Kristen Rejang (GKR)”

  1. gereja kristen sumatera bagian selatan says :

    Bisa minta alamat tempat ibadah yang di wilayah bengkulu utara gak min?? saya dari gksbskt.blogspot.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: